One day trip to Loch Lomond, Balloch & Luss

28 Maret 2016

Rencana awal sih ini tripnya dibuka buat anak-anak StrathIndo yang emang sebulan sekali punya agenda bertemu buat silaturahmi. Tapi karena banyak yang ga bisa karena mau deadline submit assignment, akhirnya yang berangkat cuma aku, mbak Anita dan mas Eko.

Berangkatnya dari Queen Street station, naik kereta ke Balloch dulu sekitar 50 menit lalu lanjut naik bus ke Luss.

Kita berangkat naik kereta jam 10, sampai di Balloch langsung ke information centre, kita dikasih tau kalau bus ke Luss itu baru berangkat jam 12.15. Kita punya waktu kurang lebih sejam buat jalan sebentar di Balloch, trus petugasnya kasih kita peta area mana yang terjangkau dengan jalan kaki plus arah ke stasiun bisnya.

 

Setelahnya, kita ke stasiun bis dan lanjut naik bis ke Luss. Beli tiketnya return aja, sekitar £4 Balloch-Luss-Balloch.

Loch Lomond itu adalah danau, Balloch dan Luss itu dua dari beberapa daerah di mana kita bisa menikmati keindahan Loch Lomond. Aku membayangkannya mungkin semacam danau Toba ya, bisa dilihat dari beberapa daerah, salah satunya dari Parapat. Mungkin ya. Aku belum googling.

Abis keliling dan foto-foto kita nyari tempat makan, melewati rumah-rumah penduduknya..

Danaunya bagus ngga? Aku bilang bagus, tapi danau Toba jauh lebih indah menurutku.

Bedanya apa?

  1. Bedanya di sini ga ada sampah, bener deh itu tepi danaunya bersih, danaunya bersih, trus mau piknik? Boleh juga, tapi nggak nyampah, buktinya aku ngga ngelihat ada sampah, hehehe..
  2. Ga ada yang dagang sembarangan. Mau beli souvenir? Ada banget, di toko jualan suvenir di dekat pantai. Mau lihat-lihat aja, mau beli, semua dilayani dengan baik. Mau makan? Jalan sedikit ada area foodcourt, mau restoran juga ada. terserah pilih yang mana sesuai selera dan budget.
  3. Toilet umum lumayan bersihlah.
  4. Hospitality-nya juara.
  5. Trus satu lagi akses menuju daerah ini sudah bagus, dilayani oleh transportasi publik.

Aku ngomong berdasar apa yang aku lihat ya, sehari-harinya kayak gimana, I dont know, tapi pas aku kesitu langsung merasa wow ga ada sampah, dan ga ada yang dagang sembarangan. Mudah-mudahan nanti danau Toba bisa sebersih ini, sarana dan prasarananya juga bagus, keamanan bisa dijamin sehingga turis-turis merasa nyaman. Please lah jangan nyampah ya, kalau makan sampahnya disimpan dulu sampai ketemu tempat sampah, kalau piknik itu piring bekas makannya jangan dicuci ke danau lah, ga bakalan bersih juga kan, so cuci di rumah aja, yaa..

Kembali ke topik, buat makan aku pesen ikan goreng tepung yang seporsinya disajikan sama kentang goreng. Porsinya kelihatan kecil gitu, tapi kalau dimakan asli sampai kekenyangan banget! Rasanya lumayan enak kok, apalagi saos cocolannya itu, sedap!

Abis makan, kita balik deh ke halte nunggu bis ke Balloch. Sampai di halte eh hujan lumayan deras, syukur kita udah sampai di halte jadi bisa berteduh 😀

Sampai di Balloch, kita turun persis di stasiun kereta, nunggu sebentar keretanya langsung datang, langsung naik deh balik ke Glasgow.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s