England Trip, Day 1 London

Berhubung 2 minggu pertama bulan April adalah Easter Break di kampus, maka aku dan Mbak Anita mau jalan ke London. Durasi perjalanan ngga lama, sekitar 4 hari 3 malam, tidak termasuk waktu tempuh Glasgow ke London ya.. Kita berangkat ke London dengan Mega Bus, tiket sekitar £38 return per orang. Kalau pesan jauh hari bisa dapat murah banget, less than £15, tapi ini kita berangkatnya mendadak jadi harus rela bayar sedikit lebih mahal.. Sebelum berangkat, kita udah pegang itinerary London dan sekitarnya dikasih sama Mas Eko, salah seorang mahasiswa PHD di kampus.

Day 1 05 April 2016

Jam 00.00 kita berangkat dari Glasgow, dengan perkiraan waktu tempuh 9 jam. Kita dapat tempat duduk di lantai 2 (bus bertingkat) bagian paling belakang, satu deret ada 4 bangku, aku dan mbak Nyit duduk di bagian tengah, di sebelah kanan dan kiri kita penumpang lain. Ga ada masalah sama tempat duduk maupun jam keberangkatan, kita bisa tidur lumayan nyenyak cuma kadang harus rela terbangun dari  tidur aja kalau tetangga sebelah pengen ke toilet.

Jam 04.00 bus mampir sebentar di Manchester buat menaikkan dan menurunkan penumpang *trus langsung keingat David Beckham 😀 * , trus lanjut ga berenti sampai Victoria Coach Station London. Pas di jalan tol masuk London lumayan agak macet ya, banyak truk panjang dan bus antar provinsi mau masuk London. Kita sampai sekitar pukul 09.00 lah di stasiun.

Begitu sampai, kita bebersih dulu di toilet, lalu beli Oyster Card di toko kecil yang ada di stasiun bis. Kita beli saldo £10 plus deposit dalam kartu £5, totalnya kena £15 per orang. Oyster card ini fungsinya buat alat bayar untuk transportasi umum di London. Sistem transportasinya sudah terintegrasi sehingga kita cukup punya satu kartu saja untuk naik turun bis atau tube (subway), at least kedua moda itu yang kita gunakan selama di London. Apabila dalam sehari kita menggunakan £9 di kartu, maka setelahnya kita boleh naik turun bis/tube dengan gratis. Tetap nge-tap kartu sih tapi ngga dipotong lagi saldonya. Deposit £5 bisa kita terima kembali apabila kita mengembalikan kartu ke mesin-mesin yang tersedia.

IMG_1518
Oyster Card

Destinasi pertama kita adalah Buckingham Palace, secara khusus kita pengen melihat upacara pergantian pengawal istana. Kita jalan kaki aja dari stasiun, sempat nyasar sedikit ke Buckingham Place yang mana adalah komplek perumahan 😀 tapi akhirnya ketemu kok jalan yang benar. Kita sampai di sana sekitar satu jam sebelum acara mulai, dan orang-orang udah ramai banget. Kita harus pintar-pintar memilih spot yang nyaman agar upacara tersebut dapat kita nikmati, karena itu tadi, orangnya ramai sekali.

IMG_1306
In front of Buckingham Palace, terharu anak Siantar nyampe sini 😀

Setelah bubar, kita ke Green Park yang letaknya persis di seberang istana. Tamannya luas banget. Adem bangetlah, segar matanya liat hijau di mana-mana.

Abis ngelilingin taman, kita ke Carnaby Street naik tube 1 stop dari Green Park Station 😀 *manja*. Tapi sebelum ke sini, kita ada satu destinasi yang ada di itin, kita datengin setelah nyasar beberapa saat, eh setelah sampai ternyata ga bisa masuk, udah gitu penjaganya kita tanyain kayak males-malesan gitu jawabnya, ya udah kita tinggalin aja deh, jadi ga foto gedungnya.

Carnaby Street ini ya semacam satu jalan tempat shopping ya, kita lihat-lihat aja trus mampir makan siang di foodcourtnya. Btw ini porsi terkecil yang pernah aku makan selama di UK, udah mana ga pake starter kan, masi berasa lapar abis makan hihihi. Harganya cukup rasional, standar makan foodcourtlah ya, masih kebeli lah sama kita yang pelajar ini.

IMG_1317IMG_1324_MG_0665

Dari Carnaby Street, kita ke British Museum. British Museum lagi rame banget, wajarlah lagi libur Easter kan. Masuk museumnya free, kalau mau kasih donasi disediakan kotak khusus buat masukin donasi. Sebelum masuk nanti tas kita dicek sama petugas buat memastikan kita ga bawa gunting/pisau.Di dalam museum ada beberapa tempat ngopi plus cake yang menggoda buat dibeli, untungnya kita sih ngga tergoda ya, atau lebih tepatnya menang melawan godaan, haha.

Banyak anak sekolah yang kunjungan museum rombongan gitu, terlalu ramai sih, jadi kita ga terlalu menikmati. Di dalam museum boleh foto asal tidak pakai flash.

Dari British Museum, kita ke St. Paul Cathedral. Lumayan lama duduk-duduk di tamannya ceritanya kan pengen liatin Londoners pulang kerja plus macetnya London, kenyataannya sih karena kaki udah pegel banget jalan jadi istirahat bentar.

Dari St. Paul Cathedral, kita lanjut mau ke Monument to The Great Fire of London, Tower of London, and Tower Bridge. Karena udah capek, naik bis aja, ga ingat berapa stop ke Monumen, tapi yang pasti kita ikutin apa yang dibilang sama Google maps aja deh 😀

Abis dari tempat ini, kita cari stasiun tube yang ke arah penginapan kita. Kita menginap di Wisma Indonesia, yang letaknya agak jauh ya, hampir lasr stop 😀 Udah gitu sama google maps kita dicariin jalur tube yang stasiunnya jauh dari penginapan, kita kan polos ya kita ikutin eeeh nyasar sampe kira-kira setengah jam jalan kaki 😀 😀 Akhirnya ketemu sih, dan pas udah sampai, dikasih tau mendingan naik jalur yang lain, stasiunnya memang agak jauh tapi ada bus dari situ yang lewat sampai jalan besar sebelum masuk ke Wismanya 😀 😀

Jangan dibandingkan sama service apartment/hotel ya, ini lebih ke rumah yang diatur sedemikian rupa jadi tempat penginapan khusus WNI yang lagi di London. Tapi nyaman kok, rate per malam £25 per orang. Jadi kalau satu kamar isinya 2 orang, berarti kita bayarnya £50 per malam. Itu udah dapet sarapan khas Indonesia yang super lezat, dan boleh bikin teh/kopi plus Indomie sesukanya hehehehe.. Yang suka update status di medsos boleh bahagia karena di sini wifinya kencang, sama kaya di flat aku hihihi. Very good deal kan? Yang punya namanya pak Firdaus, selain punya usaha ini beliau juga punya restoran khas Indonesia. Too bad kita ga sempat ketemu sama pak Dausnya langsung maupun mampir ke restorannya. Next time kali ya..

Sampai kamar, mandi, bikin mie goreng sama teh hangat, tidur deh….

To be continued, I dont know when 😀

 

Advertisements

2 thoughts on “England Trip, Day 1 London

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s