Michelle 38 mos

Michelle hari ini usianya 38 bulan alias 3 tahun 2 bulan, aheyy.. Mumpung sepi, aku mau merekap perkembangannya ah.

Aktivitas sehari-hari
Sehari-harinya belum banyak berubah ya, karena emang anaknya (dengan berbagai pertimbangan) belum kita sekolahin PG . Jadi Senin sampai Jumat aktivitasnya ya bangun tidur, makan buah, nonton teve, mandi, makan siang, tidur siang, main sama teman/nonton teve, mandi, makan malam, setelah papa dan mama pulang main bareng, gosok gigi, lalu cerita-cerita sebelum tidur deh.

Setiap Sabtu, Michelle ada kelas musik sejak minggu lalu. Oh ya, mengenai kelas musik ini, sebenarnya dari Michelle umur 2 tahun aku pribadi udah niat banget masukin kelas music. Alasan pastinya aku ngga tau sih, aku suka musik itu jelas. Dan makin ke sini, aku merasa orang yang suka musik atau main musik itu hidupnya tampak seimbang dan otaknya pasti pinter deh. Contohnya Glenn Fredly favorit aku, hihihi. Lagipun, musik itu membuat happy kan? Nah pokoknya berbagai alasan sotoy itu deh yang membuat aku tegas mau masukin Michelle kelas musik. Di Batam ada beberapa kursus musik untuk berbagai umur, nah ada satu sekolah musik inceran dari dulu dan kami pernah tanya, usia masuk kelas paling awal itu min 3 tahun. Ya udah kita tunggu lah kan sampai Michelle nya 3 tahun, trus kita tanya balik pas anaknya udah 3 tahun pas, mereka bilang buka kelas mulai Agustus, yeayyy!!!! Tapi tentunya sebelum itu tentulah kita (berulang-ulang) tanya-tanya dulu anaknya, kalau kira-kira belajar musik mau nggak? Michelle selalu jawab MAUUU πŸ˜€ Kelihatan sih, dia emang suka banget sama yang namanya musik, alat musik, dan tari. Jadi bulat deh tekad kita mau me-musik-kan anak ini di tempat yang mudah-mudahan tepat πŸ˜€ πŸ˜€

Sabtu lalu, hari pertama les, dia senang banget. Sewaktu di kelas sih, dia masih malu-malu. Suaranya pelan betul, hahahaha. Tapi yang aku lihat sih dia menikmati. Oh ya, di kelas Music Wonderland ini, anak harus ditemani oleh pendamping, yang kalau bisa jangan ganti-ganti. Michelle ditanya mau ditemenin sama siapa? Jawabnya, “sama MAMA” ahahaha aku terharu dia memilihku sebagai pendampingnya di les. Pelajarannya jangan dibayangin langsung baca not balok yee, ini masih dasaaar banget. Jadi tujuannya anak-anak itu ditumbuhkan kecintaannya dan kepekaannya terhadap musik melalui permainan, dengar lagu, gambar-gambar.. Di kelas sih satu anak dapat satu electone, tapi dipakainya cuma sekali doang buat menirukan klakson mobil. Bener-bener yang masih dasar banget. Dan aku sukaaaaa!!!! Aku suka konsepnya, anak diajak main sambil disisipkan tujuan tertentu.. Anak ga berasa belajar, yang ada ketawa-ketawa, main-main tapi ada tujuannya. Besok baru les lagi, ah aku sungguh gak sabar mau liat respon Michelle di kelas.

Kalau hari Minggu, seperti biasa dia sekolah minggu. Michelle sejak beberapa bulan yang lalu menolak ditemani duduk di sekolah minggu dengan alasan “Kakak udah besar ma, kakak sama teman-teman aja duduknya”. Oh gitu, oke deh! πŸ˜€ πŸ˜€ Jadi lah mama dan Dodo duduk dan ibadah di belakang.

Perkembangan secara Umum

Secara fisik, Michelle gak banyak berubah sih. Rambutnya jadi lebih panjang, tapi berat badan rasanya tetap. Naik sedikit mungkin, tapi entahlah belum pernah timbang lagi soalnya. Terakhir timbang bulan lalu 13 KG. Makan nasi sih gak terlalu banyak, tapi coba liat cemilannya, bisa banyak banget. Turunan dari bapaknya ini, di rumah mulut tak berhenti ngemil T______T . Buah sih oke, secara tiap pagi sarapannya itu. Sayur juga lumayan lah, dibujuk-bujuk dikit akhirnya habis juga sayur di piring πŸ˜€ πŸ˜€ . Sesekali mau susu coklat. Susu DANCOW πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ Biasanya kan susu UHT ya? Nah si Dodo suka minta kalo Michelle minum susu kotak, padahal Dodo belum boleh kaaan? Nah Si Dodo kan udah lama gak mau lagi minum susu formula vanilla, jadi minum susunya ASI doang tapi kan aku ngga pernah juga mompa lagi, minum langsung paling cuma malem, tapi dia mau kalo minum susu coklat punya kakak. Jadi kenapa gak kita beliin aja susu coklat yang bisa buat umur 1-3? HAHAHA…

Trus si Michelle lagi doyan nontonin HI 5, sampai semua nama pemain dan lagu-lagu season 13 dia hapal. Dia juga lagi doyan main ibu-anak. Jadi dia sebagai mama, trus boneka kucingnya sebagai anak. Itu boneka ikut kemana pun dia pergi. Mau ke pasar, ke gereja, ke mall. Cuma kita batesin, anaknya tinggal di mobil aja gak boleh ikut ke dalam pasar, gereja, mall, dll. DEAL! Trus dia juga lagi hobi mengucapkan kata-kata yang menurutnya -mungkin- canggih dalam pembicaraan, padahal kita nggak ngerti maksudnya apa. Misalnya, dia suka bilang plastik wrap makanan itu AKIFSAT or something sounds like that πŸ˜€ πŸ˜€ Dia tau itu namanya plastik, tapi dia nanti suka juga tiba-tiba bilang “mama tau ngga ini apa? Ini namanya AKIFSAT” lalu kita tanyain kan apaan tuh AKIFSAT, dia akan jawab “ituloh ma plastik juga sih, tapi nama lainnya AKIFSAT, masa mama gak tau sih? ” WAHAHAHAHAHAHAHAHAHA….
Trus kapan itu, pernah juga dia nyahutin papanya ” Iya papa, kakak janji akan tidak percaya” padahal papa cuma nanya kenapa adeknya dipukul HAHAHAHAHAHA…

Secara emosional, Michelle sekarang lebih dekat ke aku. Apa-apa maunya sama aku. Dia juga suka tiba-tiba peluk trus ngomong “Kakak senang banget kalau ada mama” atau “Kakak suka banget main sama mama”. Ihihihi, sekarang gantian papanya yang cemburu, dulu papa number one, sekarang mama numero UNO, maap ya pa, gantian dulu kita. I’m her best friend forever!

Beberapa kali Michelle juga tantrum karena keinginannya nggak dipenuhi, tapi ya itu disabar-sabarin aja, aku coba berada di posisinya dia, trus aku mikir kira-kira aku pengennya digimanain ya kalo aku lagi kecewa, lagi kesal, keinginan gak dipenuhi. Aku sih suka menjelaskan penyebabnya sama Michelle kenapa gak boleh, kenapa harus menunggu, kenapa mama marah dan apa yang harus dilakukannya. Cuma kadang sama papa atau sama mbak suka dikasih janji instan, IYA NTAR DIKASIH POKOKNYA DIEM DULU JANGAN NANGIS. Padahal kan ga boleh ya, jadi kontra dong sama penjelasan aku panjang lebar tadi. Pelan-pelan diperbaiki ya paaa *melotot* πŸ˜€ πŸ˜€ Kadang juga suka ngga tega sih, pas anak nangis kejer didiemin, abis dia tenang trus mulai merengek-rengek minta sesuatu kita malah menolak trus dia nangis lagi deh… 😦 Tapi ya dikuat-kuatin lah, biar dia tau rasanya kecewa, biar dia tau rasanya bersabar, biar dia bisa menangani kekecewaaan dengan baik…

Menjadi orang tua itu artinya belajar seumur hidup tapi ngga ada sekolahnya. Mudah-mudahan apa yang mama lakukan ke kamu membuat kamu menjadi orang yang berbahagia, pinter, sehat, bijaksana, dan jujur ya nak..

Selamat 38 bulan.. I love you more than words can say

Advertisements

2 thoughts on “Michelle 38 mos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s