Bedrest!!

This is my very first time bedrest ever!

Jadi ceritanya tu gini, udah dari berapa minggu lalu, di cd aku tuh kaya ada bercak darah, gak banyak, cuma beberapa titik aja. Titik yang aku maksud beneran titik,jadi ya kaya kalo kita nulis titik pake pena, nah kira-kira gitu deh yang aku maksud. Kadang ada kadang nggak jadi ya aku ga terlalu kuatir, karena aku ga ngerasa sakit juga.

Tapi dari sabtu malem minggu lalu, kok tiap hari ada terus? Makin kuatir lah aku kan. Bertambah banyak sih nggak, segitu-gitu aja, tapi ya tiap hari ada, jadi aku mulai kuatir. Still, aku ngga ngerasa sakit apapun, makanya yakin banget ini bukan infeksi saluran kemih atau luka luar di daerah V. Kalo ISK dan luka pastinya sakit ya.. Pas cerita ke hubby, dia bilang cek aja deh daripada kenapa-napa. Tapi hubby ga mau ke dokter biasa, maunya ke dokter yg cewek. Karena setauku dokter cewe adanya di RS Awal Bross ya sudah, jadilah kemaren jam 9.30 pagi aku dijemput hubby ke kantor lalu bareng kita ke RSAB ini. Di pas-in aja sih harinya, kebetulan hubby juga mau skeling gigi, jadi istilahnya sekali kayuh, dua tiga pulau terlampaui lah! Sekali ke RSAB, hubby bisa skeling sekaligus aku periksa ke dokter cewe.

Hubby dapet antrian nomer 4, sementara aku di poli kebidanan dapat antrian 20 aja gituuu! Gileee, ini orang Batam pada subur-subur aje ye, dua loh DSOG yang praktek pagi itu, dua-duanya penuh banget pasiennya, di jam kerja!! Long story short, hubby udah selesai, aku belum masuk juga. Tapi ngga nunggu lama, akhirnya nomer kita dipanggil juga.

Cerita dikit tentang yang aku alami, trus dokternya suruh baring di tempat tidur buat di USG. Menurut dokternya, ini plasenta letaknya di bagian bawah rahim. Nah ini lah penyebabnya kenapa ada darah itu. Memang gak nyeri atau sakit, tapi sebaiknya bedrest dulu deh, lalu diingatin juga ga boleh berhubungan seksual dulu. Aku cuman yang ho-oh aja, yang terpikir cuma babynya gapapa kan dok? Kata dokternya gakpapa, babynya sehat, sekarang udah 2,1 kilo, baby boy.. Tapi bila ntar darahnya semakin banyak, atau terasa sakit, haruslah segera ke rumah sakit! Keluar dari ruangan dokter, kita dibekali resep dan surat keterangan istirahat dari dokter, Senin baru boleh kerja lagi.

Balik dari situ, aku dianter ke kantor, trus hubby balik ke kantornya. Rencananya aku balik kantor cuma mau anter surat sakit, trus ngasih tau pak bos, sama nginfoin ke temen satu bagian pending matters kerjaan aku, biar mereka lanjutin kerjaan aku juga enak kan.. Abistu dijemput hubby, balik deh ke rumah setelah jemput Michelle.

Pagi tadi, Michelle dan papa berangkat berdua aja. Kata papa Michelle biar sekolah aja, biar mama bisa istirahat. Tapi yaa, namanya istri baik hati dan ibu rumah tangga sejati, manalah bisa beneran istirahat tanpa rumah beres dulu. Jadi pagi-pagi bikin to do list dulu : sarapan, nonton gosip, beresin rumah, belanja ke warung di blok sebelah, cuci piring, cuci baju, masak. Jam 12 syukur banget semua to do list itu udah beres semua, kecuali jemur baju. Jemur baju emang ga dimasukin to do list, karena itu tugasnya hubby! Berat aja bok bawa-bawa ember kain jemur ke jemuran kan??

Abis makan siang, mandi, baru deh aku mulai bobok bobok cantik,hihihihi, manalah cuaca mendung,terakhir hujan pula! Sambil tiduran ini baru sempat baca buku lagi, buku kitab suci kehamilanku sejak jaman hamil Michelle dulu. Ternyata, kondisi yang aku alami itu namanya plasenta previa. Jadi itu adalah keadaan di mana plasenta berada di bagian bawah rahim. Semakin dekat plasenta dengan leher rahim, semakin besar kemungkinan pendarahan. Pendarahannya sendiri bisa sedikit bisa banyak, tapi tanpa rasa nyeri! Bahkan banyak juga kok wanita yang plasenta previa tapi nggak mengalami pendarahan sama sekali. Pendarahan itu sendiri bisa muncul tanpa penyebab yang jelas, tapi bisa juga karena batuk yang keras, mengedan ketika BAB terlalu keras, atau karena hubungan seksual. Karenanya, ya mesti banyak bedrest, banyak makan buah biar BAB lancar, sama jangan berhubungan dulu!

Kemungkinan terburuk kalo pendarahan semakin banyak ya kelahiran prematur, tapi bayi umur 7 bulan kalo dilahirkan prematur kemungkinan hidupnya besar kok. Kalaupun sehat-sehat sampai waktunya melahirkan, biasanya sih ga bisa melahirkan normal karena kepala bayi ga bisa turun ke jalan lahir karena terhalang si plasenta ini. Jadi biasa kelahirannya akan melalui operasi caesar.

So far itulah info yang aku dapat dari buku, sebagai manusia, one half of me merasa takut juga sih, takut operasi, takut melahirkan prematur, dan sebagainya. Tapi the other half of me, percaya kepada Tuhan dengan tidak ragu-ragu, percaya Tuhan pasti campur tangan dalam tiap langkah kehidupanku. Percaya bahawa rancangan Tuhan tidak pernah rancangan buruk, melainkan rancangan hari depan yang indah..

So, aku sih berbaik sangka saja, berfikir positip, dan selalu berdoa kiranya aku dan dek dodo dalam keadaaan sehat tanpa kurang suatu apapun sampai melahirkan nanti, AMIN. Dan sementara itu, marilah menikmati bedrest ini, biar pas Senin masuk keadaan udah lebih segar lagi, yeayyyyy!!!

Leave a Reply

