Jamsostek : Pengambilan JHT

Berhubung kemaren lumayan banyak juga yang nanya-nanya samaku gimana sih cara ngambil JHT di Jamsostek, naaah hari ini aku mau tulis gimana cara-cara pengambilannya yaaa!

1. Kepesertaaan minimal 5 tahun dan masa tunggu 1 bulan ya. Kalau mau liat kepesertaan kita kapan dimulai, bisa diliat di kartu Jamsosteknya.

2. Peserta sudah keluar dari pekerjaannya.

Itu syarat utamanya ya, lalu syarat administrasinya adalah :

1. Asli kartu Jamsostek

2. KTP dan KK satu alamat

3. Surat keterangan tidak bekerja lagi dari perusahaan (a.k.a surat pengalaman kerja).

4. Saldo JHT (bila ada)

5. Buku rekening (bila ingin ditransfer rekening).

Semuanya itu dibawa ke Jamsostek terdekat dengan lokasi anda berada, mudah kan???? Hehehe…

Contoh soal

1. Si A bekerja mulai Januari 2006 di PT XYZ. Lalu berhenti bekerja pada 1 Desember 2011. Sudah bisa ambil saldo JHT belum? Jawabnya : umur kartu memang sudah memenuhi syarat minimum kepesertaan 5 tahun. Namun ada masa tunggu minimal sebulan dari bulan berhenti bekerja, nah kalau berhentinya Desember 2011 maka setelah genap sebulan baru bisa diambil, yakni setelah 1 Januari 2012.

2. Si A bekerja mulai Januari 2006 di PT XYZ. Lalu berhenti bekerja pada 1 Desember 2011, tapi kemudian diterima bekerja di PT ABC, dan meneruskan Jamsostek dengan kartu yang lama. Nah ini dananya belum bisa diambil ya saudara-saudara karena walopun masa kepesertaan 5 tahun sudah tercapai, tetapi masih terdaftar bekerja di perusahaan yang baru.

3. Si A bekerja mulai Januari 2006 di PT XYZ. Lalu berhenti bekerja pada 1 Desember 2009 karena diterima sebagai PNS/CPNS di suatu departemen. Khusus untuk peserta yang diterima sebagai PNS/CPNS dana Jamsosteknya boleh diambil tanpa menunggu 5 tahun, syarat administrasi seperti disebutkan di atas ditambah dengan asli SK pengangkatan sebagai CPNS/PNS yaaaaa….

Demikian ya cara-cara pengambilan dana JHT, semoga postingan ini berguna buat para pembaca *macam ada aja yang baca blog ini hihihi*. Kalau ada yang mau ditanyakan, silahkan, feel free to ask me ya. Mudah-mudahan aku bisa jawab, kalaupun ga bisa jawab, ntar aku teruskan pertanyaannya ke bagian yang berkompeten menjawabnya *dorongdorong CS hihihihi*.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s